About

Mencintai Nabi

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤ"Hakikat Mencintai Nabi ﷺ"
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Fadhilatus Syaikh Dr. Arif Asy-syamrani, salah satu Dosen mata kuliah hadits fakultas Dakwah & Ushuluddin Universitas Islam Madinah menyampaikan kepada kami selaku murid-murid beliau di Mata Kuliah yang beliau ajarkan bahwa hakikat mencintai nabi itu terletak pada 6 hal  :
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
1. Mengikuti seluruh yang datang dari nabi, baik yang berbentuk perintah maupun larangan, karena Allah - 'Azza wa jalla- berfirman :
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
{ Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang } (QS. Ali-iman : 31). 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
2. Mendahulukan perkataan beliau ﷺ diatas perkataan orang lain. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
3. Membela kehormatan beliau. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
4. Senang dan gembira ketika mendengar hadits beliau. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
5. Memperbanyak shalawat atas beliau ﷺ. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
6. Tidak berlebih-lebihan / ghuluw dalam mencintai beliau, karena beliau sendiri yang menegaskan dan memerintahkan kepada ummatnya agar tidak ghuluw / berlebih-lebihan dalam mencintai beliau sebagaimana kaum nashrani ghuluw terhadap nabi Isa bin Maryam. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
____________________
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Hal tersebut merupakan Ilmu sekaligus nasihat yang singkat dari beliau namun sangat luas dan dalam maknanya, sehingga hendaknya hal tersebut tidak hanya menjadi bekal ilmu bagi kita tapi hendaknya kita aplikasikan dalam riil kehidupan kita, yang semoga dengan kita mencintai beliau dengan sebenar-benarnya kecintaan kita berharap kepada Allah agar Allah memberi kita pahala yang besar karenanya serta mengumpulkan kita bersama baginda nabi yang kita cintai - Shallallahu 'alaihi wa sallam -. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
🖋️Muhammad Ikram
Fakultas Dakwah UIM, 7 Rabiul Awal 1440 H.

🖥http://www.sapamuslim.com

📲playstore:

Lihat "Sapa Muslim"
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lhaksana.sapamuslim

IG/Telegram @sapamuslim