About

Termasuk Golongan Mana kita?

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
⭕ Empat Jenis Manusia ... 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
♦ Syaikhul Islam Imam Ibnu Taimiyah - Rahimahullah - Berkata : “Manusia itu ada 4 golongan :
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Golongan pertama adalah orang yang ingin lebih tinggi dari orang yang lain dan membuat kerusakan di bumi. Itu adalah perbuatan maksiat kepada Allah. Mereka itu adalah raja-raja dan para pemimpin yang membuat kerusakan seperti Firaun dan bala tentaranya mereka adalah makhluk paling jelek di muka bumi.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Golongan yang kedua adalah mereka yang menginginkan kerusakan namun tidak menginginkan ketinggian seperti para pencuri dan orang-orang yang berbuat dosa dari orang-orang rendahan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Golongan yang ketiga adalah mereka yang menginginkan ketinggian namun tidak menginginkan kerusakan seperti orang yang memiliki suatu agama lalu dia memiliki tujuan untuk mencapai ketinggian dan merasa lebih tinggi dari yang lain.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Golongan keempat adalah Ahli Surga yaitu orang-orang yang tidak menginginkan ketinggian di muka bumi dan tidak pula menginginkan kerusakan, padahal sebenarnya mereka telah menjadi orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi dari yang lainnya, sebagaimanaAllah ta’ala berfirman,
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
{وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ}

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”(QS. Ali Imran: 139)
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dan juga Allah ta’ala berfirman,
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
{فَلَا تَهِنُوا وَتَدْعُوا إِلَى السَّلْمِ وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ وَاللَّهُ مَعَكُمْ وَلَنْ يَتِرَكُمْ أَعْمَالَكُمْ} 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
“Janganlah kamu lemah dan minta damai padahal kamulah yang di atas dan Allah pun bersamamu dan Dia sekali-kali tidak akan mengurangi pahala amal-amalmu”.  (QS. Muhammad: 35)
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Juga Allah ta’ala berfirman,
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
{وَلِلَّهِ الْعِزَّةُ وَلِرَسُولِهِ وَلِلْمُؤْمِنِينَ} 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
" Padahal kemuliaan itu hanyalah milik Allah, milik Rasul-Nya dan orang-orang mukmin”.  (QS. Al Munafiqun: 8) 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
📜 [Majmu’ Fatawa (28/392)]
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Termasuk golongan manakah kita ? Jika kita merasa belum termasuk golongan yang baik maka mulai saat kita kita dapat berubah dengan taufiqNya dan usaha jujur dari diri kita masing-masing ... 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga Allah memudahkan langkah kita menuju kebaikan dan memudahkan tekad kita untuk menjadi lebih baik. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
✒️Muhammad Ikram
Madinah, 27 Shafar 1440
_________________________________